Sejarah

SEJARAH DINAS KESEHATAN OKU TIMUR

Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang evidence base diarahkan untuk penyedia untuk penyedian data dan informasi yang akurat, lengkap, dan tepat waktu guna pengambilan keputusan disemua tingkat admistrasi pelayanan kesehatan. Salah satu produk dari Sistem Informasi Kesehatan (SIK) adalah dokumen Profil Kesehatan Kabupaten OKU Timur yang merupakan gambaran situasi kesehatan di wilayah Kabupaten OKU Timur dan diterbitkan setiap tahun. Setiap edisi membuat berbagai data dan informasi tentang kesehatan dan data pendukung lain yang berhubungan dengan kesehatan seperti data kependudukan, pendidikan, fasilitas kesehatan, pencapaian program – program kesehatan dan keluarga berencana.

Pembangunan kesehatan diselenggarankan dalam upaya pemenuhan hak dasar rakyat yaitu hak memperoleh kesehatan yang di amanatkan oleh Undang – Undang Dasar 1945 pasal 28 ayat (1) dan Undang – Undang Nomor 23 tentang kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mencapai sasaran pembangungan sebagaimana yang telah di tetapkan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 5 Tahun 2010, dengan indikator sebagai berikut :

  1. Meningkatkan umur harapan hidup dari 70,7 tahun menjadi 72 tahun.
  2. Menurunkan angka kematian ibu melahirkan dari 228 menjadi 118 per- 1.000 kelahiran hidup.
  3. Menurunkan angka kematian bayi dari 34 menjadi 24 per- 1.000 kelahiran hidup.
  4. Menurunkan angka kematian neonatal dari 19 menjadi 15 per-1.000 kelahiran hidup.
  5. Menurunkan prevalensi gizi kurang pada anak balita dari 18,4% menjadi di bawah 15,0%.
  6. Menurunkan prevalensi anak balita yang pendek (stunting) dari 36,8% menjadi kurang 32%
  7. Persentase Puskesmas Rawat Inap yang mampu PONED sebesar 100%
  8. Pesentase ibu bersalin yang dipotong oleh tenaga kesehatan terlatih sebesar 90%
  9. Pesentase RS Kabupaten yang melakukan PONEK sebesar 100% dan cakupan kunjungan neonational lengkap sebesar 90%

Keberhasilan pembanungan kesehatan tidak semata – mata ditentukan oleh hasil kerja keras sektor kesehatan, Dibutuhkan pula perhatian pada akar masalah yang ada, diantaranya sosial ekonomi yang menetukan dimana masyarkat tumbuh , belajar hidup, bekerja dan terpapar, serta rentan terhadap penyakit dan komplikasinya dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat guna mencapau target Nasional (RPJPN, RPJMN, dan RPJPK), target nasional dan global (MDG’s 2015).

Profil Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur adalah gambaran situasi kesehatan di Kabupaten OKU Timur yangditerbitakn setiap tahun. Keseluruhan data yang ada merupakan gambaran tingkat pencapaian penyelenggaraan pelayanan kesehatan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)