Sempat Tertunda, Insentif Covid-19 untuk Nakes Sudah Disalurkan

Martapura – Sempat mengalami penundaan sekarang insentif Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah disalurkan. Penundaan tersebut disebabkan karena refocusing anggaran dan perubahan peraturan dari kementerian kesehatan.

Bupati OKU Timur H Lanosin ST mengatakan, memang sedikit ada keterlambatan, selain ada beberapa peraturan yang berubah, dirinya juga meminta keterangan secara lisan dari Dinas Kesehatan bagaimana yang sebenarnya terjadi.

“Sudah saya tanda tangani mungkin sekarang sudah penyaluran oleh Dinas Kesehatan. Untuk penyaluran insentif Covid-19 untuk nakes sudah dikirim ke rekening masing-masing nakes yang mendapatkan,” katanya, saat meninjau Rumah Susunya Pemkab OKU Timur, Selasa (13/07/2021).

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin menjelaskan, terjadi keterlambatan ini awalnya terdapat perubahan anggaran atau refocusing jadi pihaknya melakukan penyesuaian serta ada peraturan menteri yang berubah-ubah. Selain itu pihaknya juga memperhatikan pelaksanaan sesuai juknisnya.

Selanjutnya harus ada Perbupnya kemudian pihak Dinkes memverifikasi nakes yang mendapatkan insentif. Proses selanjutnya Dinkes mengajukan BPKAD OKU Timur jika di BPKAD sudah keluar makan dikirim langsung ke rekening masing-masing dari nakes yang bersangkutan.

“Semua insentif nakes sudah disalurkan sejak dua minggu yang lalu. Dimana insentif yang disalurkan dari bulan Januari sampai April sudah semua dikirim langsung ke rekening masing-masing nakes. Kemudian sekarang pengajuan untuk bulan Mei sampai Juli,” ujar Zainal.

Selain insentif Covid-19 ini, nakes juga mendapatkan vitamin dari Dinkes OKU Timur. “Untuk pembagiannya melalui Puskesmas dan RSUD, baru di distribusikan ke nakes sesuai dengan kebutuhan nakes,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *