Dinkes OKU Timur Targetkan SPM Capai 100% di Tahun 2018

Dinkes OKU Timur Targetkan SPM Capai 100% di Tahun 2018

KabarTuntas.co.id, OKU Timur – Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah merupakan hak dasar dari setiap warga negara, termasuk masyarakat di Kabupaten OKU Timur. Untuk itu, Dinas Kesehatan OKUT bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan yakin dapat memenuhi target SPM hingga 100% di Tahun 2018 mendatang. Hal ini disampaikan saat menggelar sosialisasi SPM oleh Dinkes Provinsi di Hotel Puri Tani Martapura, Senin (06/11/2017).

“Pencapaian target-target SPM tidak bisa terlepas dari framework perencanaan nasional, hal ini berarti rencana dan strategi pencapaian target-target SPM harus terintegrasi dalam dokumen-dokumen perencanaan seperti RPJMN, RPJMD, dan Renstra. Target tahunan pencapaian SPM tahunan harus tertuang dalam RKPD, Renja, KUA dan RKA,” ujar Kadinkes OKU Timur dr. Erly Yani MM Kes melalui Kasubbag Perencanaan dan Evapor Wastiti Handayani SKM, disela-sela kegiatan.

Adapun indikator pemenuhan SPM, dijelaskannya terdiri dari 12 poin diantaranya meliputi pelayanan kesehatan Ibu Hamil, Ibu Melahirkan, Bayi Baru Lahir, Balita, Usia Pendidikan Dasar, Usia Produktif, Usia Lanjut, Penderita Hypertensi, Penderita Diabetes Melitus, Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat, Orang Dengan TB dan Orang Dengan Resiko Terinfeksi HIV.

“Jadi berdasarkan Permenkes 43 Tahun 2016 tentang SPM, ada 12 indikator pelayanan, mulai dari ibu hamil hingga usia lanjut. Termasuk penyakit tidak menular,” tambahnya.

Saat ditanya terkait tolak ukur pencapaian target SPM, Wastiti menuturkan, bahwa Standar Pelayanan Minimal adalah masyarakat harus terlayani dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *